Tuesday, June 19, 2007

Acara Pemeriksaan Cepat di PTUN

Kata Pengantar dan Cover Belakang (PTUN)

Bagi praktisi, buku ini membuka tabir beracara cepat. Sebenarnya, untuk kasus sebagaimana diuraikan dalam buku ini, akan diuji apakah beracara cepat mempunyai makna dan arti dalam penegakan hukum khususnya untuk memperolah clean governance.

Ternyata, sekalipun untuk kepentingan Pemohon, pejabat Tata Usaha Negara seakan kebal dan tidak menghiraukan keputusan itu, karena nyatanya pembangunan pasar tetap diteruskan.

Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana ke depan memperbaiki perundang-undangan. Maksud dari PTUN dengan acara cepat, adalah agar hak dari pihak yang dirugikan dapat diperoleh. Nyatanya, pembangkangan pihak birokrat tanpa adanya sanksi terhadap dirinya, membuat PTUN menjadi macan tak bergigi. Berbeda dengan PTUN di Eropa, tempat asalnya. Wibawa pengadilan begitu tinggi, sehingga pihak pencari keadilan benar-benar merasakan manfaat keadilannya.

Semoga hadirnya buku ini dapat menjadi kajian akademis dan sebagai masukan bagi legislatif dalam menyempurnakan Undang-Undang Pengadilan Tata Usaha Negara demi tercapainya good governance.

ISBN MOOT COURT 978-979-1350-01-3

ISBN PTUN 978-979-1350-00-6

Judul yang benar

1. Acara Pemeriksaan Cepat di PTUN
2. National and International Rounds of Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2007

0 Comments:

Post a Comment

<< Home